Berdasarkan jadwal kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah ( PKKS ) dari Dinas Dikpora DIY dan Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman, Rabu,  10 Oktober  2024 jam 08.30- 12.00 Wib  dilaksanakan kegiatan PKKS tahun 2024  dari Asesor Baldikmen Sleman dan Dinas Dikpora. Kegiatan tersebut dipusatkan di Ruang Perpustakaan Ganesa.

Dalam kegiatan PKKS tersebut bertujuan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok , fungsi, dan tanggung jawab  kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi pada sekolah yang dipimpin.  Untuk asesor  atau penilai yang hadir dari Baldikmen Sleman :Agus Priyantoro,S.Pd.,M.Pd. , Dra. Nur Farida Wijayanti,M.Pd. , Bima Sekti Mulyawati,S.IP., Rifangi Setiawan,S.Pt. , sedangkan dari Dikpora DIY  diwakili oleh Rinawati,S.T. Kegiatan PKKS 2024 diawali dengan pembukaan dipandu oleh Arum Mustikawai,S.Pd.

Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin oleh Heni Wulan Sari,S.Pd. Kegiatan dilanjutkan sambutan dari Drs. M Warsun Latif selaku kepala SMA Negeri 1 Cangkringan yang intinya ucapan terima kasih dan mohon bimbingan agar SMA Negeri 1 Cangkringan dapat lebih maju lagi. “ Mohon bimbingan, pengarahan agar sekolah ini menjadi lebih mau lagi, ini merupakan PKKS terakhir saya sebagai kepala sekolah tapi tetap semangat untuk mempersiapkan PKKS ini sekaligus ingin menghapus stigma negatif” ungkap Warsun Latif.

Sambutan dari wakil asesor oleh Agus Priyantoro,S.Pd., M.Pd. intinya kegiatan  PKKS tahun ini komponennya berbeda dengan tahun tahun sebelumnya , tahun ini lebih ringkas dan dilakukan dengan menggunakan instrumen untuk mengukur dan menilai berbagai komponen yang meliputi: komponen Pendidikan Berbaris Budaya ( PBB ), komponen Penampilan, Pelayanan, dan Prestasi ( 3P ), komponen 1 dan 2 Kepribadian dan Sosial, komponen 3.1.

Profesional Mengembangkan Visi dan Budaya Belajar Sekolah,3.2 komponen Melaksanakan Kepemimpinan Pembelajaran yang berpusat pada Peserta Didik, serta 3.3. komponen Pengelolaan Sumber Daya secara Efektif, Transparan, dan Akuntabel. Teknis kegiatan PKKS ini dilakukan dengan validasi berkas dan data,wawancara,pengisian kuesioner dengan guru,TAS, perwakilan peserta didik, perwakilan komite, serta perwakilan orang tua peserta didik, dan observasi lapangan. Di akhir kegiatan disampaikan hasil evaluasi kegiatan PKKS, yang secara umum walaupun persiapannya mepet hasilnya sudah baik, hanya untuk tahun depan lebih baik lagi terutama dalam kelengkapan bukt-bukti setiap komponen. Tim Website – Humas Smanca 2024