Visi dan Misi

A.Tujuan Pendidikan Menengah
Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Berdasarkan PP 19 tahun 2005, pasal 26 ayat 2, satuan pendidikan menengah atas bertujuan meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri, dan mengikuti pendidikan lebih lanjut dengan memiliki keseimbangan sikap, pengetahuan dan keterampilan, yang terpadu dalam kehidupan sehari-hari.

B.Visi, Misi
1.Visi
Visi SMA Negeri 1 Cangkringan diselaraskan dengan tujuan pendidikan nasional baik dari aspek sikap, pengetahuan maupun keterampilan. Visi ini dirumuskan melalui mekanisme, disosialisaasikan kepada seluruh warga sekolah terutama kepada orangtua dan peserta didik baru, serta ditinjau ulang setiap tahun menjelang berakhirnya tahun pelajaran yang berlaku. Visi SMA Negeri 1 Cangkringan tersebut adalah: “Mewujudkan sekolah berakhlak mulia, unggul, dinamis, berdisiplin tinggi, berbudaya dan berwawasan lingkungan.”

2.Misi
Misi SMA Negeri 1 Cangkringan dijabarkan dari visi yang telah ditetapkan. Misi ini menjadi rujukan dalam penyusunan program jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Sebagaimana dengan visi di atas, misi ini dirumuskan berdasarkan masukan dari berbagai pihak terutama warga sekolah, disosialisasi dan ditinjau secara berkala. Misi SMA Negeri 1 Cangkringan menjadi hal yang penting untuk dirumuskan karena menjadi arah dan tujuan dalam mewujudkan dan mengimplementasikan berbagai program pendidikan. Misi SMA Negeri 1 Cangkringan adalah sebagai berikut:
a.Meningkatkan pelayanan program akhlak mulia.
b.Membangun dan mengembangkan budaya belajar yang dinamis, berdisiplin dan bertanggung jawab.
c.Meningkatkan prestasi akademis.
d.Meningkatkan dan menumbuhkan semangat kreativitas serta mendorong peserta didik berprestasi dalam bidang olaha raga, seni, dan budaya.
e.Membantu dan mendorong peserta didik untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat mempersiapkan diri agar mampu hidup mandiri di tengah masyarakat.
f.Menumbuhkan penghayatan terhadap nilai-nilai budaya bangsa dan ajaran agama yang dianut sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
g.Menumbuhkan semangat keunggulan, keteladanan serta prestasi dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
h.Melestarikan fungsi lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan serta meningkatkan kualitas lingkungan hidup.
i.Membangun jiwa kewirausahaan bagi semua warga sekolah.

WhatsApp chat