Kegiatan LDK Pleton Inti (TONTI) SMA Negeri 1 Cangkringan periode 2021/ 2022 masih dalam suasana masa pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu hari , Sabtu 13 Nivember 2021 dari jam 07.30 wib – 16.00 wib dengan 14 peserta ( kelas XI ) bertempat di Aula Sekolah,di Lapangan Basket, maupun di Lapangan Upacara dengan tetap mematuhi prokes secara ketat sesuai dengan penanggulangan Covid-19 (pengecekan suhu, menggunakan masker, dan tetap menjaga jarak).

Kegiatan LDK TONTI periode 2021/ 2022 diawali dengan kegiatan pembukaan oleh Eka Mundiharta,S.Pd. selaku ketua panitia sekaligus waka kesiswaan. Dalam sambutannya mengharapkan semua peserta didik setelah mengikuti LDK ini mempunyai kompetensi tertib dan kedisiplinan yang tinggi.” Seluruh peserta LDK diharpkan setelah kegiatan ini mempunyai kompetensi tertib dan disiplin untuk teladan bagi peserta didik lainnya lebih-lebih pada dirinya sendiri,” pesan Eka Mundiharta.

Dalam kegiatan LDK tahun ini menghadirkan empat narasumber yakni dari Polsek Kapanewon Cangkringan, Alumni Paskibra Kabupaten Sleman, waka kurikulum, serta waka humas SMA Negeri 1 Cangkringan. Acara dilanjutkan dengan materi pertama yang disampaikan oleh Yunan Helmi Subroto,M.Pd. selaku waka kurikulum tentang kepemimpinan intinya kemampuan dan pengaruh orang untuk mencapai tujuan serta instansi –lembaga mutlak mempunyai pemimpin.

Kepemimpinan merupakan kemampuan seseorang dalam memengaruhi orang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan prinsip setiap orang menjadi pemimpin lebih-lebih diri sendiri,’ jelas Yunan Helmi.

Setiap lembaga/organisasi lebih –lebih instansi sekolah maupun organisasi sekolah mutlak ada pemimpin untuk mencapai tujuannya,’tambahnya. Materi kedua tentang baris-berbaris yang disampaikan oleh pemateri dari Polsek Kapanewon Cangkringan. Intinya peserta LDK wajib mempunyai kemampuan dalam hal baris-berbaris secara baik dan tepat sesuai aturan. Dilanjutkan materi ketiga tentang Kedisiplinan dan Adiwiyata oleh Rahmad Budiyono,S.Pd. selaku ketua adiwiyata sekaligus waka humas yang intinya peserta LDK wajib belajar disiplin dan peduli lingkungan.

Kedisiplinan hal yang penting dalam perilaku, dengan disiplin semua pasti mungkin” jelas Rahmad. “ Selain disiplin peserta LDK harus tetap mempunyai karakter peduli lingkungan sekolah dengan GPBLHS yang mengimbas kepada peserta didik lainnya,’imbuhnya.Materi terakhir tentang Tata Upacara Bendera yang disampaikan oleh alumni Paskibra Kabupaten Sleman intinya bagaimana petugas upacara menjalankan tugasnya bisa berjalan dengan baik lebih-lebih dalam gerakannya.

Acara selanjutnya penutupan LDK TONTI periode 2021/2022 oleh Drs. M. Warsun Latif selaku kepala SMA Negeri 1 Cangkringan ditandai dengan pelantikan pengurus TONTI periode 2021/ 2022 dan penandatangan berita acara oleh Hendi Diky S selaku ketua periode 2020/ 2021 dan Dista Puspitaningrum selaku ketua periode 2021/ 2022. Tim LDK Tonti- Humas 2021.

WhatsApp Tanya Info Sekolah