ROHIS SMA Negeri 1 Cangkringan, untuk lebih mempertebal iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk seluruh warga sekolah baik Guru, Karyawan, maupun peserta didik  di masa pandemi covid-19 ini mengadakan pengajian Isra’  Mi’raj Nabi Muhammad SAW  1442 H secara live zoom meeting dan live youtube.  Kegiatan pengajian tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Maret 2021 jam 10.00 Wib – 11.00 Wib diikuti oleh seluruh warga sekolah lewat zoom meeting maupun live youtube. Kegiatan mengambil  tema “ Menjadikan Isra’  Mi”raj sebagai Refleksi Memperteguh Keyakinan dan Kekuatan dalam Menghadapi Pandemi  Covid-19”.  Pengajian tersebut menghadirkan Ustad M.Zidny Nafi”Hasbi,S.E.,M.E. dari Yogyakarta.

Kegiatan ini dipandu oleh Dyah Ratri Sekar Kinasih (X MIPA1) dan Galih Putra Pangestu ( X IPS1). Pengajian diawali  dengan pembacaan wahyu Illahi oleh Firma Zulfia Zahrani ( XI MIPA1) dan Resti Dian Puspitasari (XI MIPA1). Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala SMA Negeri 1 Cangkringan Drs.M.Warsun Latif yang intinya Dengan kegiatan pengajian Isra’  Mi’raj seluruh keluarga besar SMA Negeri 1 Cangkringan  yang beragama Islam dapat meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, melaksanakan sholat 5 waktu dalam keadaan bagaimanapun, serta diharakan tekun bekerja dan belajar. “ Marilah dengan momentum Isra’  Mi’raj ini kita tingkatkan iman dan taqwa  selain imun saat pandemi, wajib kita tingkatkan dalam melaksanakan sholat 5 waktu, serta selama pandemi kita tetap tekun bekerja dan belajar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat” jelas Warsun Latif.  Di awal pengajian disampaikan bahwa manusia memiliki 3 dimensi kehidupan, yakni masa lalu(kenangan), masa sekarang(kenyataan), dan masa depan ( harapan,cita-cita, dan keinginan ).” Orang yang beriman  adalah orang yang bisa mengambil pelajaran dari kejadian-kejadian di masa lalu untuk memperbaiki diri di masa sekarang dan masa yang akan datang” ungkap Ustad.  Q.S Al-Isra’ ayat 1 inilah yang melatarbelakangi terjadinya Isra” Mi’raj Nabi Muhammad SAW, intinya: “memperjalankan hambanya ( Muhammad ) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagai tanda-tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar dan Maha Melihat’. Disampaikan juga ada beberapa pendapat yang berhubungan dengan peristiwa Isra Mi’raj: Mukzizat Nabi Muhammad SAW, Tahun duka cita( Nabi ditinggal oleh istrinya-Siti Khotijah), Bentuk kekuasaan Allah, Nabi Muhammad SAW menerima  perintah dari Allah sholat 5 waktu dan inilah yang menjadi tujuan utama dari peristiwa Isra’  Mi’raj Nabi.

Di akhir pengajian disampaikan hikmah yang dapat diambil dari peristiwa Isra’  Mi’raj Nabi Muhammad SAW:dalam hidup pasti ada cobaan, Iblis dan Setan adalam musuh utama manusia, tiket untuk masuk surga ada 2 ( beriman kepada Allah SWT dan beramal sholeh. Dan disampaikan pula jenis-jenis manusia yang ada di dunia ini: manusia ideal ( memberi kemanfaatan untuk orang lain), manusia standar (tidak memberi manfaat untuk orang lain dan tidak mengganggu orang lain), manusia tetapi bukan manusia ( tidak memberi manfaat kepada orang lain malah mengganggu orang lain. “ Marilah dengan adanya peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 H ini, kita tingkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT lebih-lebih  di masa pandemi ini kita harus selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam hal beribadah menjalankan sholat 5 waktu harus tepat waktu” pesan Bagus Baihaqi, pembimbing Rohis SMA Negeri 1 Cangkringan. Acara pengajian diakhiri dengan tanya jawab dipandu oleh pengurus Rohis dan selesai jam 11.00 Wib.Humas 2021

WhatsApp Tanya Info Sekolah