SMA Negeri 1 Cangkringan memiliki visi untuk menyediakan layanan prima pendidikan dan kebudayaan nasional dengan membentuk peserta didik yang cerdas dan berkarakter kuat. Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut dilakukan berbagai upaya, salah satunya yaitu dengan Gerakan pramuka.

Menilik potensinya, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 62 dan 63 Tahun 2014 tentang ekstrakurikuler wajib adalah wujud pendidikan pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah, sebagai upaya dalam membentuk karakter masyarakat melalui jalur pendidikan non formal dan penanaman nilai budaya bangsa.

Gerakan pramuka merupakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, sanggup bertanggung jawab sebagai penerus generasi selanjutnya.

 Demi mencapai tujuan tersebut, maka menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti luhur dengan cara memantapkan mental, moral, fisik, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman melalui berbagai kegiatan.

Kemah adalah salah satu bentuk upaya menanamkan rasa peduli dan tanggung jawab. Kegiatan Kemah Bhakti SMA Negeri 1 Cangkringan Tahun pelajaran 2021-2022 dilaksanakan Sabtu–Senin, 18–20 Juni 2022 di Bumi Perkemahan Pancoh Girikerto Turi diselenggarakan sesuai dengan petunjuk dan teknis yang telah dibuat sebelum Kemah Bhakti berlangsung. Adapun kegiatan kemah sebagai berikut.

  1. Pembukaan
  2. Materi Peduli Lingkungan (Adiwiyata)
  3. Materi Kepenegakan
  4. Materi Survival
  5. Materi PPPK
  6. Perlombaan
  7. Jelajah Alam
  8. Materi Pengolahan Salak
  9. Materi Pengolahan Biogas
  10. Materi Bivak
  11. Api Unggun
  12. Penutupan

Kegiatan Kemah Bhakti diikuti oleh peserta dari Pramuka Penegak dengan jumlah 134 peserta kemah dan terbagi menjadi 12 sangga putri dan 10 sangga putra, serta 6 peserta tidak hadir kemah karena sakit. Semoga dengan adanya kemah menjadikan peserta didik SMA Negeri 1 Cangkringan memiliki karakter yang tanggung jawab, mandiri, dan peduli terhadap sesama.

Membangun Pramuka Tangguh, Berkarakter, dan Peduli LingkunganTim Kemah Bhakti.

Lampiran jadwal kemah

Humas 2022

WhatsApp chat