Pandemic covid-19 bukanlah masalah besar bagi dunia pendidikan untuk mengembangkan potensi dan kemampuan peserta didik dalam meraih pengalaman belajar dan prestasi. Keadaan pandemic covid-19 tidak meluluhkan semangat peserta didik untuk terus maju dan berkembang dengan cara mencari pengalaman-pengalaman dalam berlomba/berkompetisi. Salah satu usaha peserta didik SMA Negeri 1 Cangkringan dalam berkompetisi diantaranya dengan mengikuti seleksi KESN (Kompetisi Ekonomi Syariah Nasional) yang diselenggarakan oleh DEKS Bank Indonesia bekerjasama dengan AGEI (Asosiasi Guru Ekonomi Indonesia).

Tentu saja tahapan seleksi yang sudah diikuti oleh peserta didik menjadi pengalaman bersaing dalam meraih nilai. Seleksi dimulai dari sekolah yakni dengan pemberian soal tes seleksi untuk dapat mengikuti seleksi awal dalam KESN. Seleksi yang dilakukan oleh sekolah dilaksanakan pada tanggal 1 September 2021 untuk peserta didik kelas X, XI, dan XII baik jurusan MIPA maupun IPS. Mereka bersaing untuk meraih nilai yang paling tinggi. Setelah diadakan seleksi oleh sekolah langkah selanjutnya adalah pendaftaran seleksi KESN. Pendaftaran dimulai dari tanggal 9 September 2021 sampai dengan 27 September 2021. Setiap sekolah memiliki kesempatan untuk mendaftarkan peserta kompetisi sebanyak 3 (tiga) orang peserta dengan jurusan MIPA maupun IPS dari jenjang kelas X, XI, dan XII.

Kompetisi ini diikuti oleh SMA/MA di seluruh Indonesia dengan jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 2.356 orang terbagi dalam tiga region yakni region satu 720 orang, region dua 1.176 orang dan region tiga 460 orang. Region I (Jawa dan Bali), terdiri dari Provinsi: DKI, BANTEN, JAWA BARAT, JAWA TENGAH, DIY, JAWA TIMUR, dan BALI. Region II (Sumatera), terdiri dari provinsi: NAD, SUMATERA UTARA, SUMATERA BARAT, SUMATERA SELATAN, RIAU, KEPULAUAN RIAU, BANGKA BELITUNG, JAMBI, LAMPUNG, dan BENGKULU. Region III (Kawasan Indonesia Timur), terdiri dari Provinsi: KALIMANTAN BARAT, SULAWESI BARAT, KALIMANTAN TENGAH, MALUKU, KALIMANTAN TIMUR, MALUKU UTARA, KALIMANTAN SELATAN, NTB, KALIMANTAN UTARA, NTT, SULAWESI UTARA, PAPUA, GORONTALO, PAPUA BARAT, SULAWESI TENGAH, SULAWESI SELATAN , dan SULAWESI TENGGARA. SMA Negeri 1 Cangkringan termasuk dalam kelompok region 1. Peserta seleksi dibagi dalam 3 (tiga) region sehingga pengelolaan masing-masing region tidak terlalu banyak.

Seleksi KESN dilaksanakan pada hari Kamis, 30 September 2021 secara online, dan setiap peserta seleksi harus selalu on camera dalam mengerjakan soal-soal agar dapat dipantau oleh Tim Panitia. Peserta dari SMA Negeri 1 Cangkringan adalah Dini Saputri (Kelas XII IPS-2), Nessa Cahya Kumara Saputri (Kelas XI IPS-2) dan Rahmawati (Kelas X MIPA-2).
Proses seleksi dimulai dengan melakukan pendaftaran melalui link https://kompetisieksyarnasional.com. Peserta seleksi kompetisi wajib mengupload surat keterangan dari sekolah dilengkapi dengan foto peserta seleksi dan dilakukan secara individual. Seleksi awal Kompetisi Ekonomi Syariah Nasional dilaksanakan di sekolah masing-masing dengan memenuhi ketentuan yang ada dalam peraturan/tata tertib dalam KESN.

Adapun tujuan dari diadakannya KESN (Kompetisi Ekonomi Syariah Nasional) yakni: menumbuhkan dan mengembangkan minat siswa SMA/MA untuk mempelajari ekonomi dan keuangan Syariah; mengembangkan kompetensi peserta didik untuk mewujudkan prestasi bidang ekonomi syariah di tingkat nasional yang mampu berkontribusi untuk mewujudkan bangsa yang maju dan unggul; menciptakan nuansa berkompetisi dan berprestasi yang sehat, jujur dan disiplin di sekolah dan juga bermanfaat bagi semua pemangku kepentingan; membangun keterlibatan para guru untuk mendorong siswa mendalami pelajaran ekonomi syariah dalam rangka meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan syariah nasional.

Dengan tujuan tersebut membuat guru ekonomi SMA Negeri 1 Cangkringan yakni Yunan Helmi S, M.Pd dan Yohana Sri Nurharjanti, S.Pd bersemangat untuk mengembangkan prestasi peserta didik melalui kompetisi tersebut. Menurut Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Cangkringan (Drs. M. Warsun Latif) bahwa pengalaman tidak hanya diperoleh dari sekolah saja tetapi dapat juga pengalaman diperoleh dari keikutsertaan siswa dan guru dalam kegiatan berkompetisi dengan sekolah lain baik tingkat kabupaten, propinsi, maupun tingkat nasional.

Pengumuman hasil seleksi dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2021. Walaupun SMA Negeri 1 Cangkringan belum berhasil mengukir prestasi akademik tingkat Nasional tetapi pengalaman bersaing/berkompetisi tingkat Nasional sudah dapat dirasakan oleh Siswa. “Kegagalan itu merupakan kesuksesan yang tertunda, jadi harus Maju Terus Pantang Mundur”. Perlu kerja keras dan usaha yang banyak dalam belajar agar prestasi tidak menipu hasil. Itulah slogan yang selalu digunakan dalam usaha meraih prestasi, kata guru ekonomi. Semoga pada masa yang akan datang usaha yang keras dapat membuahkan hasil yang menggembirakan. (Tim Kurikulum Smanca).

Situasi pada seleksi awal KESN

Belajar dengan suasana alam di Gazebo SMA N 1 Cangkringan

WhatsApp Tanya Info Sekolah