Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS SMA Negeri 1 Cangkringan periode 2020/ 2021 dilaksanakan Senin – Selasa, 23-24 November 2020 bertempat di Aula SMA Negeri 1 Cangkringan. Selama dua hari kegiatan tersebut dimulai jam 07.00 – 10.00 WIB yang diikuti 32 anggota OSIS baru.
Hari Pertama
Setiap mengawali kegiatan selalu mematuhi sesuai protokol kesehatan covid-19 di lingkungan SMA Negeri 1 Cangkringan baik wajib mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Kegiatan LDK OSIS dibuka oleh Dra. Anies Rachmania SS.,M.Pd. selaku Kepala SMA Negeri 1 Cangkringan. Dalam sambutanannya memberikan motivasi kepada pengurus OSIS mempunyai karakter yang baik. “ Diharapkan dengan mengkuti LDK OSIS ini seluruh anggota OSIS mempunyai pribadi yang disiplin, berkarakter, dan berbudaya, serta bisa menjadi contoh dan teladan bagi peserta didik yang lain”,pesannya. Acara dilanjutkan dengan sosialisasi pelaksanaan pembelajaran di masa transisi oleh Yunan Helmi S, M.Pd. Inti materinya adalah tentang pelaksanaan pembelajaran di masa transisi. Pembelajaran di masa transisi dicanangkan pada bulan Januari – Februari. SMAN 1 Cangkringan akan melaksanakan pembelajaran masa transisi dengan cara dibagi menjadi 2 sesi pagi dan siang. Peserta didik dan seluruh warga sekolah tetap harus memperhatikan protokol kesehatan dan mematuhi segala aturan yang berlaku.Materi kedua tentang Manajemen Waktu disampaikan oleh Dra. Sunarti,M.Si. Hal mengatur waktu dalam suatu organisasi sangat penting karena OSIS merupakan contoh bagi seluruh peserta didik lain dalam segala hal sehingga harus bias membagi waktu dengan baik. Dalam artian waktu untuk organisasi itu sendiri dan waktu untuk belajar. Sehingga tidak ada alas an untuk tidak menyelesaikan atau menunda tugas. Materi yang ketiga atau terakhir tentang Manajemen Rapat oleh Rahmad Budiyono,S.Pd. Inti materinya OSIS pasti akan banyak melaksanakan rapat untuk membahas program – program yang akan dilaksanakan.Baik program umum OSIS maupun program khusus OSIS per-Seksi. Manajemen rapat diperlukan agar bias menjadi lebih efektif dan menghasilkan keputusan yang dapat dilaksanakan seluruh warga sekolah.

Hari Kedua
Kegiatan LDK OSIS Widya Dharma SMA N 1 Cangkringan periode 2020/201 hari kedua diawali materi tentang Kepemimpin oleh Erik HadiSaputra, S. Kom., M. Eng.dari Universitas AMIKOM Yogyakarta. Inti materi sesi pertama tentang kepemimpinan seseorang dalam suatu organisasi. Masuk atau bergabung ke sebuah organisasi merupakan sebuah kesempatan yang harus diambil karena tidak dating dua kali. Seseorang yang dipilih atau terpilih harus mampu menerima dan membiasakan diri untuk menyesuaikan dengan keadaan. Seorang pemimpin harus memiliki PAMOR dan OPTIMIS. Semuanya tinggal bagaimana sudut pandang kita dalam melihat situasi. Membuat planning jangka panjang, selalu bersyukur dan pantang menyerah. Materi yang kedua tentang Public Speaking (MC) oleh Humas dan Protokol Kabupaten Sleman. Materi ini memberikan bekal kepada para pengurus OSIS dalam menyampaikan pendapat dan berbicara di depan umum dengan bahasa yang baik dan benar. Materi ketiga tentang Keorganisasian atau Progam Kerja yang disampaikan oleh Damar Pamungkas,M.Pd. selaku Pembina OSIS. Program kerja merupakan pegangan bagi jalannya suatu organisasi.Pengurus OSIS diminta dapat menyesuaikan kegiatan dengan keadaan sehingga program kerja dapat tetap berjalan. Pada sesi ini juga kegiatan merumuskan program kerja OSIS yang akan dilaksanakan selama masa kepengurusan 2020/2021.LDK OSIS diakhiri dengan upacara penutupan. Setelah kegiatan LDK OSIS selesai, Eka Mundiharta,S.Pd. selaku Waka Kesiswaan memberikan harapan kepada pengurus OSIS Widya Dharma periode 2020/2021.”Setelah mengikuti kegiatan LDK OSIS diharapkan mampu memberikan warna tersendiri bekal jadi seorang pemimpin yang berkarakter dan berkualitas yang lebih baik sebagi perwakilan seluruh peserta didik yang ada di SMA Negeri 1 Cangkringan”,ungkapnya.

Widya Dharma….Maju Terus….Jaya
Humas 2020

WhatsApp Tanya Info Sekolah