Latihan Dasar Kepemimpinan ROHIS Darul ‘Ilmi SMA Negeri 1 Cangkringan periode 2020/ 2021 dilaksanakan Senin-Selasa , 23-24 November 2020 bertempat di Aula SMA Negeri 1 Cangkringan. Selama dua hari kegiatan tersebut dimulai jam 11.30 – 16.00 WIB yang diikuti 37 anggota.
Hari Pertama
. LDK Rohis Darul ‘limi dilaksanakan di tengah pandemi covid-10 dan tetap mematuhi protokol kesehatan diukur suhunya dan 3M ( Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak) . LDK Rohis periode 2020/2021 bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada Tuhan YME dan mengembangkan kerorganisasian dalam bidang keagamaan pengurus Rohis Darul Ilmi periode 2020/2021. Kegiatan LDK Rohis pada hari pertama dimulai dengan pembukaan oleh Kepala SMA Negeri 1 Cangkringan. Dilanjutkan dengan sholat dhuhur berjamaah, diikuti dengan materi Akidah oleh Muhammad Fathul Muslim, S.Pd.I dari SMA Negeri 1 Tempel. Isi materinya ; Akidah Islam adalah prinsip utama dalam pemikiran Islami yang dapat membina setiap individu muslim sehingga memandang alam semesta dan kehidupan dengan kacamata tauhid dan melahirkan konotasi-konotasi valid baginya yang merefleksikan persfektif Islam mengenai berbagai dimensi kehidupan serta menumbuhkan perasaan-perasaan yang murni dalam dirinya. Atas dasar ini, akidah mencerminkan sebuah unsure kekuatan yang mampu menciptakan mujizat dan merealisasikan kemenangan-kemenangan besar di zaman permulaan Islam.Kemudian materi dilanjutkan dengan pemaparan Syifa Abdul Lathif, S.Pd.I, M.Pd. dari SMA Negeri 1 Kalasan tentang akhlak. Dalam materi akhlak dijelaskan bahwa sebagai manusia kita juga harus mempunyai akhlak yang baik. Akhlak dibagi menjadi 4, yaitu :
1. Akhlak kepada Allah SWT ,dengan cara takwa,tawakal,tawaduk dan ridho.
2. Akhlak kepada Rasul ,dengan cara taat, sholawat, mengikuti ajarannya,dst.
3. Akhlak kepada sesama, dengan cara saling membatu ,saling mengormati dst.
4. Akhlak kepada alam semesta, dengan cara tidak merusak alam,dst.
Kegiatan hari pertama ditutup dengan sholat Ashar berjamaah.

Hari Kedua
Kegiatan LDK Rohis Darul Ilmi hari kedua dimulai setelah sholat dhuhur berjamaah. Pada hari kedua materi difokuskan pada pembelajaran pada masa pandemik dan program kerja Rohis. Materi pertama disampaikan oleh Ahmad Sujarta, S.Ag. tentang Pembelajaran dan Rohis New Normal. Bagaimana sebagai pengurus Rohis harus dapat menjalankan kewajiban sekolah dan ibadah dengan baik meskipun dalam masa pandemik Covid-19 dan selalu menjalankan protokol kesehatan dimanapun termasuk di sekolah.Beliau menambahka nuntukkegiatanrohis di SMA N 1 CANGKRINGAN sendiri sudah menyiapkan beberapa program diantaranya yaitu: Program Rohis Darul ‘i lmii akan mengadakan sebuah program menghafal Qur’an. Nama program tersebut yakni BTQ di mana program tersebut membimbing para peserta untuk menghafalkan Qur’an dan membaca asmaul husna di setiap pagi di hari Jumat.Selesai istirahat sejenak, peserta didik melanjutkan kegiatan dengan perumusan dan pembahasan program kerja Rohis periode 2020/2021 yang dipandu oleh Bagus Faqih Baihaqi,S.Pd. Penyusunan proker dengan mengacu pada proker terdahulu kemudian dikembangkan dan dibuat yang baru dengan penyesuaian-penyesuaian, seperti adanya kegiatan daring mengingat dalam masa pandemik Covid-19. Seusai sholat Ashar berjamaah, kegiatan LDK Rohis diakhiri dengan Upacara Penutupan dipimpin oleh Ahmad Sujarta S.Ag.selaku pembina Rohis Darul ‘Ilmi sekaligus guru mapel PAI.Humas 2020

WhatsApp Tanya Info Sekolah