Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas dalam melaksanakan tugas, pembinaan karier, peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu bagi sekolah.Untuk itu setiap kepala sekolah harus memiliki skill untuk mendeskrispikan semua indikator pengembangan sekolah dan berusaha untuk mewujudkannya.
Standar pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu unsure strategis dalam peningkatan mutu. Fokus utamanya adalah bagaimana meningkatkan kemampuan professional kepala sekolah secara terencana melalui proses perbaikan mutu secara berkelanjutan.
PKKS SMA Negeri 1 Cangkringan dilaksanakan di ruang perpustakaan Ganesa Jum’at 22 Oktober 2021 jam 08.00 wib – 11.00 wib. Penilaian tersebut ditujukan kepada kepala SMA Negeri 1 Cangkringan, Drs. M. WarsunLatif. Tim penilai/ asesor , Heri Sujana, M.P. selaku pengawas Balaidikmen Sleman, Maryono, S.Pd.,M.Pd. selaku Kepala Seksi Layanan Pendidikan Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman serta Endah Sumartini, S.IP. selaku Kepala Tata Usaha Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman. Tim penilai hadir pukul 08.00 WIB disambut oleh Kepala SMA Negeri1 Cangkringan, wakasek, kepala tata usaha, perwakilan guru dan karyawan.
Tim penilai memasuki ruang perpustakaan untuk melakukan penilaian berbagai aspek-aspek dan instrument Penilaian Kinerja Kepala Sekolah yang telah disiapkan sebelumnya. Aspek penilaian kinerja kepala sekolah terdiri dari enam aspek yaitu Kepribadian dan Sosial, Kepemimpinan Pembelajaran, Pengembangan Sekolah, Manajemen Sumber Daya, Kewirausahaan, Supervisi Pembelajaran, ditambah penilaian Pendidikan Berbasis Budaya ( PBB ).
Di ruang yang berbeda (ruang aula) juga dilakukan pengisian angket responden Penilaian Kinerja Kepala Sekolah yang akan diisi oleh komite sekolah, guru, karyawan dan peserta didik SMAN 1 Cangkringan. Pengisian angket dipandu oleh Endah Sumartini, S.IP. Kegiatan PKKS dilaksanakan sesuai protocol kesehatan covid-19. Acara Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Tahun 2021 berjalan dengan lancar. “ Alhamdulillah , pelaksanaan PKKS dapat berjalan dengan lancar dan sukses, ini merupakan kegiatan rutin setiap akhir tahun oleh Dinas Dikpora DIY untuk menilai dan mengevaluasi kinerja kepala sekolah selama satu tahun” jelas Drs Warsun latif selaku kepala sekolah. “Semoga sekolah kita makin maju dan peserta didiknya makin berprestasi” tambahnya.
Tim PKKS-Humas 2021

WhatsApp Tanya Info Sekolah