Kegiatan LDK Dewan Ambalan ( DA ) SMA Negeri 1 Cangkringan periode 2021/ 2022 masih dalam suasana masa pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu hari , Sabtu 13 November 2021 dari jam 07.30 wib – 16.00 wib dengan 16 peserta ( kelas XI ) di dampingi pengurus DA periode 2020/ 2021 sebanyak 9 peserta, bertempat di Ruang Kelas XII MIPA1 dengan tetap mematuhi prokes secara ketat sesuai dengan penanggulangan Covid-19 (pengecekan suhu, menggunakan masker, dan tetap menjaga jarak).

Kegiatan LDK Dewan Ambalan periode 2021/ 2022 diawali dengan kegiatan pembukaan oleh Eka Mundiharta,S.Pd. selaku ketua panitia sekaligus waka kesiswaan. Dalam sambutannya menyatakan kegiatan pramuka itu menyenangkan dan banyak kreativitasnya.” Kegiatan pramuka adalah kegiatan yang menyenangkan banyak kreativitasnya dan diharapkan Dewan Ambalan (DA) periode 2021/ 2022 dapat membimbing adik-adiknya dalam kegiatan kepramukaan,” pesan Eka Mundiharta.

Dalam kegiatan LDK tahun ini menghadirkan tiga narasumber yakni dari Kak Winanto Meiji Pramono dari Pembina Pramuka , Prof. Dr. Siti Irene Astuti Dwiningrum,M.Si. dari UNY Yogyakarta, serta Rahmad Budiyono,S.Pd. ketua Adiwiyata sekaligus waka humas SMA Negeri 1 Cangkringan. Acara dilanjutkan dengan materi pertama yang disampaikan oleh Kak Winanto selaku pembina pramuka tentang Kepemimpinan dan Organisasi Gerakan Pramuka dan Merancang Program.

Pemimpin adalah orang yang mendorong dan menggerakkan orang lain agar mau bekerja sama mencapai tujuan yang telah ditentukan, dan dapat member pengaruh yang positif,” jelas Winanto. Selain itu Winanto menyampaikan empat faktor dalam memberikan pengaruh dan menggerakkan orang lain yakni kepemimpinan, komunikasi, instruksi, dan fasilitas. Materi kedua tentang Resiliensi Bencana yang disampaikan oleh Prof. Dr. Siti Iriene Astuti Dwiningrum,M.Si. pemateri dari UNY Yogyakarta.

Intinya peserta LDK DA wajib mempunyai kemampuankemampuan dalam tanggap bencana dan beradaptasi dengan bencana.” Resiliensi merupakan kemampuan individu untuk beradaptasi dan berkembang secara positif dalam kondisi yang tidak menyenangkan dan penuh risiko,” jelas Irene. Dilanjutkan materi ketiga tentang Adiwiyata oleh Rahmad Budiyono,S.Pd. selaku ketua adiwiyata sekaligus waka humas yang intinya peserta LDK DA wajib belajar disiplin dan peduli lingkungan.

Kedisiplinan hal yang penting bagi seluruh anggota pramuka dalam perilaku, dengan disiplin semua pasti mungkin” jelas Rahmad. “ Selain disiplin peserta LDK DA harus tetap mempunyai karakter peduli lingkungan sekolah dengan GPBLHS yang mengimbas kepada peserta didik lainnya,’imbuhnya.Ditambahkan pula pramuka juga harus mempunyai kepedulian lingkungan di luar sekolah biasanya dengan kegiatan Kemah Konservasi dengan penanaman pohon di lahan yang masih gersang.

Acara selanjutnya penutupan LDK DA periode 2021/2022 oleh Drs. M. Warsun Latif selaku Kepal SMA Negeri 1 Cangkringan ditandai dengan pelantikan pengurus Dewan Ambalan periode 2021/ 2022 .”Semoga melalui kegiatan LDK Dewan Ambalan ini mampu menumbuhkan sikap kepemimpinan dan keberanian berpengaruh positif dalam kegiatan pramuka kepada adik kelasnya,”pesan Enggar Primadito,S.Pd. selaku pendamping kegiatan.
TIM LDK DEWAN AMBALAN – HUMAS 2021

WhatsApp Tanya Info Sekolah