Pelatihan dan Pameran atau Showcase 21 karya AI (Artificial Intelligence) intel Prakarsa Muda Sagasitas DIY (AI for Youth 2021). SMA Negeri 1 Cangkringan merupakan salah satu sekolah dari 40 sekolah yang ikut dalam pelatihan dan show case AI Intel Prakarsa Muda yang dilaksanakan di Hotel Tara pada hari kamis dan Jumat,9-10 Desember 2021. SMA Negeri 1 Cangkringan mengirimkan 2 peserta didik atas nama Atqiya Trianda Putra Anugrah dan Yuliana Puspitasari kelas XII MIPA 1, dengan 1 guru pendamping atas nama Sunartri, S.Pd.

Dalam rangkaian acara tersebut, hari Kamis digunakan untuk pelatihan Artificial Intellegence dan Jumat merupakan pameran atau showcase 21 karya AI intel prakarsa muda anak-anak DIY. Dari 21 karya tersebut ada satu karya anak SMAN Negeri 1 Cangkringan yang berjudul” BISINDO Translator for people with deafness/ Deaf Disabilities Design)” Karya tersebut dibuat oleh Anindito dan timnya yang satu tahun kemarin sudah belajar bersama Sagasitas.

Maksud tujuan kegiatan pelatihan dan pameran ini untuk memberikan pelatihan kepada para peserta didik untuk mengenal teknologi Artificial Intelligence (AI), memberikan pembelajaran kepada para peserta didik yang telah menyelesaikan pembelajaran AI, memberikan ruang kepada 21 kelompok untuk menyosialisasikan hasil karya inovasi mereka, serta memberikan pengalaman kepada 21 kelompok berinteraksi dengan para expert di bidang Artificial Intelligence dan masyarakat umum.

“Narasumber sangat bagus, staff sangat profesional, serta materinya disampaikan dengan cara menyenangkan sehingga meteri mudah dicerna”kesan Atqiya, peserta dari SMA Negeri 1 Cangkringan. Hampir senada yang diuangkapkan dari guru pendamping Sunartri,S.Pd., acara luar biasa,dapat digunakan untuk pengembangan bakat teknologi.

Acara sangat luar biasa karena memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dalam bidang teknologi, guru pendamping pun juga mendapkan pengalaman yang berharga , dapat bersosialisasi dengan sesama guru di wilayah DIY serta dapat mengembangkan diri dalam bidang teknologi, support untuk acara seperti ini”ungkap Sunartri

Lebih-lebih dalam acara tersebut peserta didik SMA Negeri 1 Cangkringan mampu mebuat 1 karya diantara 21 karya terbaik se-DIY. Semoga ilmu yang didapat selama mengikuti Al For Youth 2021 dapat bermanfaat diterapkan dalam perkembangan digital yang sangat luar seperti saat ini. Humas 2021

WhatsApp chat