SMA Negeri 1 Cangkringan menyelenggarakan USBN berbasis Mobile pada tanggal 2 Maret 2020 sampai dengan 11 Maret 2020, ada beberapa tahapan keamanan untuk dapat mengakses aplikasi yaitu :
1. Siswa harus menyambungkan handphone ke jaringan wifi sekolah lalu memasukkan username dan password
2. Setelah tersambung ke jaringan wifi sekolah, siswa memasukkan username dan password untuk dapat mengakses aplikasi,
3. Memasukkan token ujian, token ujian berbeda untuk setiap mata pelajaran dan diinfokan pada saat akan mengerjakan soal.
Pada saat ujian berlangsung paket data siswa harus dimatikan ,dari pihak sekolah juga sudah mematikan koneksi internet untuk jalur siswa, serta setiap ruangan diawasi oleh 2 orang pengawas.
Siswa antusias dalam mengikuti ujian sekolah berbasis mobile. Sebagai sekolah Adiwiyata Nasional kedepannya SMA Negeri 1 Cangkringan akan mengadakan ujian berbasis online untuk Penilaian Tengah Semester ( PTS ), Penilaian Akhir Tahun ( PAT ), Ujian Sekolah, Ulangan Harian serta sebagai media elearning.
Kegiatan ini sejalan dengan konsep Sekolah Adiwiyata Nasional yang mengharuskan untuk menjaga lingkungan. Ujian berbasis online akan menghemat kertas (paperless), kelebihan dari sistem ujian ini adalah  memudahkan guru dalam melakukan koreksi , karena begitu ujian selesai nilai dapat langsung keluar tanpa perlu dikoreksi secara manual. Selain itu ujian online ini sebagai media untuk mengenalkan siswa kepada kemajuan teknologi, dan pemanfaatan teknologi ke arah positif.

WhatsApp Tanya Info Sekolah