SMA Negeri 1 Cangkringan Sekolah Adiwiyata Nasional 2018, Selasa 20 April 2021 menerima kunjungan Tim Studi Tiru SMA Negeri 1 Turi. Kegiatan tersebut dilaksanakan jam 09.30 Wib-11.30 Wib bertempat di Ruang Laboratorium Biologi . Tim dari SMA Negeri 1 Turi yang dipimpin oleh Mujiyono,S.Pd.,M.Hum. selaku kepala sekolah serta 9 Bapak/Ibu Guru/Tas sebagai Tim Adiwiyata di sekolah tersebut. Acara dimulai jam 09.30 Wib dipandu oleh Rahmad Budiyono,S.Pd. selaku Ketua Adiwiyata SMA Negeri 1 Cangkringan.

Acara dimulai dengan berdoa bersama dilanjutkan sambutan dari Drs. M Warsun Latif selaku kepala SMA Negeri 1 Cangkringan. Dalam sambutannya berisi ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Tim Adiwiyata SMA Negeri 1 Turi yang sudah berkenan untuk studi tiru tentang Adiwiyata di sekolah kami. Kepala sekolah juga berharap semua warga sekolah untuk dapat memajukan sekolah Adiwiyata dengan memberi motivasi dan membangkitkan dalam hal Budaya Peduli Lingkungan.” Mari kita bersama-sama dapat memajukan sekolah Adiwiyata agar sekolah semakin dikenal dengan memotivasi dan membangkitkan pembiasaan peduli terhadap lingkungan lebih-lebih di sekolah” jelas Warsun Latif.

Dilanjutkan sambutan dari Kepala SMA Negeri 1 Turi, Mujiono,S.Pd.,M.Hum. yang isinya mengucapkan terima kasih atas permohonan yang diterima oleh SMA Negeri 1 Cangkringan dan merasa senang dan bangga. Terima kasih kepada keluarga besar SMA Negeri 1 Cangkringan atas sambutan yang luar biasa sekali.”Mari setelah melaksanakan studi tiru di SMA Negeri 1 Cangkringan tim adiwiyata SMA Negeri1 Turi harus bisa memasang target memodifikasi baik itu fisik maupun dokumennya” ungkap Mujiono. “ Ini menjadi pembelajaran berkesan bagi kami untuk lebih bekerja keras mewujudkan SMA Negeri 1 Turi menjadi sekolah Adiwaya Provinsi 2021 bersama tim Adiwiyata” tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab tentang dokumen adiwiyata baik EDS, IPMLH, GBPLHS, Perangkat Pembelajaran RPPdan Silabus, Inovasi dan Keunggulan Sekolah Berbasis Lingkungan Hidup. Dilanjutkan penyampaikan tahapan prestasi SMA N 1 Cangkringan dalam meraih Sekolah Adiwiyata dari penghargaan adiwiyata tingkat kabupaten 2015, tingkat provinsi 2017, sampai tingkat nasional 2018 oleh Rahmad Budiyono,S.Pd. selaku Ketua Adiwiyata. Selain itu, disampaikan pula proses kegiatan Adiwiyata di Lingkungan Sekolah. “Di SMA Negeri 1 Cangkringan kegiatan adiwiyata yang ditonjolkan-diutamakan adalah pengolahan sampah dengan 3R-nya. Reuse =menggunakan( baterai isi ulang/sapu tangan) ; Reduce=mengurangi (galon,botol tempat minyak,media tanaman); Recycle=mengolah kembali (daurulang) = organik untuk kompos “ jelasnya.

‘Tahun 2016 mendapat bantuan tanaman langka dari PBB OISCA berupa tanaman Pronojiwo”tambahnya. Acara selanjutnya penendatangan MoU Adiwiyata serta pemberian cindera mata dari SMA Negeri 1 Cangkringan. Dilanjutkan Tim Studi Tiru dari SMA Negeri 1 Turi berkeliling lingkungan sekolah disertai tanya jawab sambil melihat pokja-pokja adiwiyata yang ada didampingi Tim Adiwiyata SMA Negeri 1 Cangkringan antara lain pokja green house,hutan mini, bank sampah,ruang adiwiyata,komposter, biopori,dll.Acara diakhiri jam 11.30 dengan foto bersama. “Mari Berbagi dan Hebat Bersama”. ( Humas 2021)

WhatsApp Tanya Info Sekolah