Guru-Tas SMA Negeri 1 Cangkrigan telah mendapatkan suntikan vaksin covid-19 untuk dosis ke-1 Jumat, 19 Maret 2021. Setelah berselang kira-kira 2 minggu akan mendapatkan vaksin covid-19 dosis ke-2.  Kegiatan suntuik vaksin covid-19 dosis ke-2  dilaksanakan Sabtu, 3 April 2021 di Balai Kalurahan Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta dari jam 09.00 – 10.00 Wib .Di kegiatan vaksin dosis ke-2 ini hanya diikuti oleh 40 dari 50 Bapak/ Ibu Guru-Tas yang mendaftarkan  dalam kegiatan vaksinasi covid-19 dosis ke-1. Hal tersebut dikarenakan sekitar 10 Bapak/Ibu Guru-Tas pada vaksin dosis ke-1 tidak lolos skrining(susulan) dan sakit/hamil.

Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efeketif untuk mengatasi pandemi covid-19 yang masih terus berlangsung. Sebenarnya penyuntikan vaksinasi baik yang dosis ke-1 maupun dosis ke-2 dilaksanakan untuk melengkapi upaya pencegahan penyakit COVID-19 , seperti memakai masker, mencuci tangan, juga menjaga jarak dan menghindari kerumunan.Ttujuan kegiatan tersebut untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut. Adapun manfaat kegiatan tersebut menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19, mendorong terbentuknya kekebalan kelompok( herd immunity), serta meminimalkan dampak ekonomi dan sosial..  Petugas yang menangani kegiatan tersebut 8 personil baik pegawai perawat, maupun dokter dari Puskesmas Cangkringan. Kegiatan tersebut tetap menerapkan prokes 3 M ( Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak ).

Kegiatan dilaksanakan  jam 09.00 -10.15 Wib diawali pengarahan dari petugas Puskesmas Cangkringan  tentang alur dan persyaratan yang perlu disiapkan dalam kegiatan tersebut. Dilanjutkan dengan vaksinasi covid-19 dengan alur sama dengan pada waktu penyuntikan vaksin covid-19 dosis 1:  peserta vaksin mendaftar ke meja 1 dengan menyerahkan fotokopi KTP( diberi nomor), kemudian ke meja 2 untuk dicek tensi tubuhnya, lanjut ke meja 3 diperiksa / skrining tim Dokter ( ditanya riwayat penyakitnya), setelah lolos dari meja 3 langsung ke meja 4 untuk mendapatkan vaksinasi covid-19 setelah divaksinasi menuju meja terakhir untuk pendataan mendapatkan kartu vaksinasi covid-19.Untuk mendapatkan kartu vaksinasi covid-19 peserta harus menunggu durasi waktu 30 menit untuk melihat reaksi dari vaksinasi tadi. Setelah 30 menit tidak  ada reaksi, peserta berhak mendapatkan  kartu vaksinasi . Secara umum kegiatan vaksinasi covid-19 dosis ke-2  bagi Guru-Tas SMA Negeri 1 Cangkringan berjalan lancar. Diucapkan terima kasih kepada petugas Puskesmas Cangkringan dan Bapak/Ibu Guru-Tas atas kepedulian dan kerja samanya. Semoga kita selalu diberi kesehatan dari Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin.

WhatsApp Tanya Info Sekolah