Rabu, 5 Maret 2025 Tim Budaya Pemerintahan dan Pelayanan Publik SMA Negeri 1 Cangkringan mengadakan Kegiatan Forum Komunikasi Publik Tahun 2025. Kegiatan tersebut mengambil tema “Review Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat 2022-2024”. Dalam kegiatan tersebut yang dilaksanakan mulai jam 09.00 Wib – 11.45 Wib mengundang dari berbagai perwakilan elemen-kalangan mulai dari kalangan tokoh masyarakat, akademisi, media masa, orang tua peserta didik, alumni, peserta didik, LSM, dan dunia usaha.

Selain mengundang dari berbagai kalangan-elemen tersebut, dalam kegiatan ini juga menghadirkan pakar tentang Standar Pelayanan Publik di Sekolah dari Biro Organisasi Setda DIY yakni Saluki,S.I.P. Acara kegiatan tersebut dipandu oleh Arum Mustikawati,S.Pd. dibuka dengan berdoa dilanjutkan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dipimpin Heni Wulan Sari,S.Pd. Sambutan dari pihak sekolah diwakili oleh Rahmad Budiyono,S.Pd. selaku Ketua Tim Budaya Pemerintahan dan Pelayanan Publik SMA Negeri 1 Cangkringan.

“ Ucapan terima kasih kepada tamu undangan dan narsum dari Biro Organisasi Setda DIY, diharapkan dari  forum ini ada masukkan untuk perbaikan tujuh  pelayanan publik yang ada/  diimplementasikan di SMA Negeri 1 Cangkringan sesuai dengan tema kegiatan kali ini yakni “ Review Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat Periode 2022-2024” ungkap Rahmad Budiyono.

Materi dari Biro Organisasi Setda DIY yang disampaikan oleh Saluki,S.I.P. tentang seputar Standar Pelayanan yang diatur dalam PermenPANRB No. 15 tahun 2014. Dijelaskan bahwa Standar Pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas,cepat,mudah terjangkau, dan terukur.

Ditambah  juga informasi tentang tahapan penyusunan standar pelayanan, komponen standar pelayanan, bentuk partisipasi masyarakat, pemantauan dan evaluasi standar pelayanan. Dari Tim Budaya Pemerintahan dan pelayanan Publik SMA Negeri 1 Cangkringan yang dipaparkan oleh Neneng Febriawati,S.Si. menyampaikan tentang pelaksanaan SKM di SMA Negeri 1 Cangkringan, metode pengumpulan data, unsur kuesioner, tujuh jenis pealayan publik di SMANCA, dan nilai indeks kepuasan masyarakat per 2022-2024 yang memiliki kategori Baik ( 85,24-85,34-86,23 ).

Dilanjutkan diskusi yang berupa masukkan dari peserta forum komunikasi publik yang hadir, dalam hal layanan PPDB, layanan informasi publik, layanan legalisasi,dll.dari Heni Wulan Sari,S.Pd.( wakasek Kurikulum ), Yudha Prasetyanti,S.Pd.( wakasek kesiswaan ), Mujiyanta ( LSM ), Supranta ( tokoh masyarakat ), Annisa Nur Hayati,S.Pd.( media masa ), Pramono,S.Kom.( akademisi ), Nurhadi ( tokoh masyarakat ).Hasil Review terlampir. Acara diakhiri dengan penandatangan Berita Acara hasil diskusi “ Review Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat Periode 2022-2024. Tim Website – Humas 2025

Lampiran Permasalahan dan Rencana Tindak Lanjut : unduh disini