Berdasarkan jadwal kegiatan PKKS tahun 2022 dari Dikpora DIY, Selasa 1 November 2022 dilaksanakan kegiatan PKKS tahun 2022. Kegiatan tersebut dipusatkan di Ruang Perpustakaan Ganesa.

PKKS tahun 2022 instrumen yang dinilai tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yakni ada enam komponen 1. Kepribadian dan Sosial  2. Kepemimpinan Pembelajaran 3. Pengembangan Sekolah 4. Manajemen Sumber Daya 5. Kewirausahaan 6. Supervisi Pembelajaran ditambah dengan komponen Pendidikan Berbasis Budaya ( PBB ) dan Penampilan Pelayanan dan Prestasi (P3).

Asesor penilai PKKS ada perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya karena untuk asesor tahun ini bersifat silang untuk asesor di SMA  berasal dari pengawas SMK sebaliknya asesor SMK berasal dari pengawas SMA.

Asesor penilai PKKS 2022 di SMA Negeri 1 Cangkringan ada 4 asesor yakni   Maryono,S.Pd.,M.Pd. ( Kasi Layanan Pendidikan Baldik Sleman ), Rini Nurhayati,S.T.( Baldik Sleman ),Drs.Sarno,M.Pd. ( Pengawas SMK ), serta Estika Widiatni,S.Pd.,M.Pd.( Pengawas SMK ).

Kegiatan PKKS 2022 diawali dengan pembukaan yang dilaksanakan di Ruang Perpustakaan Ganesa dipandu oleh Yunan Helmi Subroto,S.Pd.,M.Pd. selaku Waka Kurikulum jam 09.00 WIB. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan sambutan dari Drs. M Warsun Latif selaku kepala SMA Negeri 1 Cangkringan.” Saya selaku kepala sekolah mohon kepada para asesor penilai PKKS memberikan saran, nasihat,serta penilaian terhadap pengelolaan sekolah agar di tahun –tahun selanjutnya akan  lebih baik”, ungkap Warsun Latif.

 Disisi lain kepala sekolah juga memberikan masukan kepada pendamping setiap komponen agar memberi layanan dan jawaban dengan sebaik-baiknya.” Mari kita bersama memberikan layanan yang terbaik kepada para asesor  dalam menjawab pertanyaan apabila ada masukan kita terima untuk evaluasi PKKS tahun yang akan datang” tambahnya. Maryono,S.Pd.,M.Pd. selaku Kasi Layanan Pendidikan Baldik Sleman mengatakan untuk kegiatan PKKS tahun 2022 ini merupakan tugas dari Dikpora DIY untuk memotret kondisi perkembangan sekolah di tahun 2022.

 “ Kami berempat pada hari ini melaksanakan tugas dari Dikpora DIY untuk menjadi asesor dalam kegiatan PKKS untuk memotret kondisi perkembangan sekolah di tahun 2022” jelas Maryono.

Untuk teknis kegiatan PKKS 2022 disampaikan Drs. Sarno,M.Pd., untuk Komponen 1,2,3 dengan asesor Drs. Sarno,M.Pd. , Komponen 4,5,6 dengan asesor Estika Widiatni,S.Pd.,M.Pd. , Komponen PBB dan P3 dengan asesor Rini Nurhayati,S.T., sedangkan Kuesioner dengan asesor Maryono,S.Pd.,M.Pd.

Kegiatan penilaian PKKS sejumlah 6 komponen + PBB-P3 + Kuesioner ( 10 peserta didik, 10 guru, 8 TAS, 3 komite, serta 1 kepsek ), berlangsung sampai jam 14.00 Wib. Di akhir kegiatan PKKS disampaikan evaluasi oleh para asesor, Drs. Sarno,M.Pd. mengatakan perlu diperhatikan 4 unsur :program, pelaksanaan,evaluasi,serta tindak lanjut yang harus ada sinkronisasi antar unsur, secara umum semua instrumen sudah disiapkan dengan baik maksimal.

Lain halnya dengan Maryono,S.Pd.,M.Pd. diakhir acara selain pamitan Beliau juga menyampaikan bahwa potret SMA  Negeri 1 Cangkringan untuk tahun 2022 sudah baik, tinggal instrumen yang masih ada kekurangannya untuk tahun depan mohon untuk dilengkapi-diperbaiki. Tim Web

WhatsApp chat