SMA Negeri 1 Cangkringan – Sesuai dengan keinginan sekolah untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik terutama dalam bidang teknologi informasi. SMA Negeri 1 Cangkringan melaunching aplikasi sistem informasi manajemen arsip surat ( SIMAS ).

Aplikasi Simas dilaunching pada hari senin, 17 Oktober 2022 dengan dilaksanakan sosialisasi kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. “Aplikasi Simas merupakan Inovasi baru untuk administrasi persuratan di SMA Negeri 1 Cangkringan,”ujar, Kepala SMA Negeri 1 Cangkringan , Drs. M . Warsun Latif saat melaunching aplikasi Simas di aula SMA Negeri 1 Cangkringan.

Aplikasi ini sejalan dengan SMA Negeri 1 Cangkringan sebagai sekolah adiwiyata nasional yaitu paperless, sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan kertas, karena penggunaan kertas secara belebihan mengakibatkan dampak buruk bagi lingkungan.

Fungsi dari aplikasi Simas adalah untuk manajemen persuratan supaya tertata dengan  baik. Fitur dari aplikasi ini adalah input surat masuk, surat keluar, laporan, upload berkas surat dalam bentuk file, mempercepat mencari posisi surat dan sebagainya. Aplikasi ini dikembangkan oleh Pramono, S.Kom selaku pengelola IT di SMA Negeri 1 Cangkringan.

Guru dan Tenaga Administrasi Sekolah cukup login ke aplikasi untuk melihat surat masuk atau surat keluar, selain itu juga bisa melihat laporan surat masuk atau keluar dalam periode tertentu.

WhatsApp chat