Launching  podcast SMA Negeri 1 Cangkringan dilaksanakan Rabu, 27 April 2022. SMAN 1 Cangkringan meluncurkan program podcast sekolah dengan nama Mandrageni Podcast SMANCA”. Nama tersebut dipilih dari hasil lomba desain logo podcast yang diikuti oleh setiap perwakilan kelas pada peringatan hari Kartini pada 22 April 2022.

Mandrageni berarti Gunung Merapi yang menandakan  SMA Negeri  1 Cangkringan sebagai sekolah berbasis budaya yang terletak di Lereng Gunung Merapi. Selain itu terdapat simbol daun dan kayu pada logo tersebut yang juga merupakan representasi SMA Negeri 1 Cangkringan sebagai sekolah berwawasan lingkungan atau  sekolah adiwiyata yang selalu peduli lingkungan.

Pada episode tersebut selain meluncurkan nama baru juga berbincangan dengan Kepala  SMA Negeri 1 Cangkringan, Drs. M. Warsun Latif sebagai narasumber. Pada perbincangan dengan kepala sekolah tersebut membahas tentang: Mengenal sosok kepala sekolah secara lebih dekat. Mengenalkan profesi kepala sekolah kepada peserta didik dan bagaimana cara bisa menjadi kepalasekolah.

Mengetahui berbagai prestasi yang pernah diraih oleh kepala sekolah, seperti menjadi guru berprestasi tingkat kabupaten Sleman, Juara 1 olimpiade fisika guru se- kabupaten Sleman, menulis buku pelajaran Fisika serta menulis cerpen sains. Mengetahui visi dan misi sekolah yang ingin dicapai bersama selama menjabat sebagai kepala sekolah di SMA Negeri 1 Cangkringan. Beliau mengatakan bahwa SMA Negeri 1 Cangkringan memiliki potensi dalam bidang budaya dan wirausaha.

Kepala sekolah juga memberikan tanggapan tentang dinamika perubahan kurikulum dan pembelajaran yang sering terjadi. Beliau menyarankan agar Guru dan Perserta didik untuk meningkatkan kualitas dirinya. Belajar tidak hanya dari bangku sekolah tetapi juga dapat dari berbagai media yang dapat dimanfaatkan untuk menambah ilmu pengetahuan. Bapak-Ibu Guru diminta untuk selalu mengupdate kapasitas dan kemampuan dalam mengajar, melalui metode, teori dan pendekatan pembelajaran. Sehingga peserta didik tidak bosan dan tetap bergairah dalam mengikuti pembelajaran.

Kepala sekolah juga memberikan pesan agar seluruh warga sekolah tetap semangat, kerja keras, kerja ikhlas dan selalu menjaga budaya peduli lingkungan untuk mencapai adiwiyata mandiri. Harapan kepala sekolah untuk podcast Mandrageni SMANCA dapat digunakan sebagai wahana dan sarana tidak hanya dalam pembelajaran tetapi juga mengembangkan bakat, prestasi, komunikasi dan informasi yang penting agar SMA Negeri 1 Cangkringan lebih dikenal dan dapat berprestasi dalam segala bidang.

Yunan Helmi Subroto,M.Pd. selaku ketua Podcast Mandrageni SMANCA berharap dengan adanya Podcast Mandrageni di SMA Negeri 1 Cangkringan dapat menjadi media komunikasi dan media audio pembelajaran bagi warga sekolah maupun masyarakat umum. “ Dengan adanya Podcast Mandrageni ini diharapkan dapat  sebagai media komunikasi antara warga sekolah dengan  masyarakat umum, sebagai media promosi kegiatan-kegiatan sekolah, serta sebagai media audio pembelajaran yang kreatif” ungkap Yunan Helmi.

Episode Launching Mandrageni Podcast SMANCA dapat di akses melalui link Youtube: https://youtu.be/iWbpOrmk5R8

Jangan lupa untuk subscribed, like, share channel youtube SMA Negeri 1 Cangkringan : https://www.youtube.com/sman1cangkringan

Tim Podcast-Humas 2022

WhatsApp chat