Masa pandemi covid-19 belum berakhir, SMA Negeri 1 Cangkringan menorehkan sejarah prestasi menjadi juara Harapan 1 Lomba Perpustakaan Sekolah Jenjang  SMA/SMK Tingkat DIY 2020. Lomba Perpustakaan Sekolah tersebut diselenggarakan oleh  Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY bersama Perpustakaan Nasioanl Republik Indonesia. Tujuan dari diselenggarakan lomba perpustakaan sekolah adalah untuk meningkatkan kinerja mutu , peran perpustakaan, dan mewujudkan budaya baca di lingkungan sekolah. SMA N 1 Cangkringan diberi kepercayaan oleh Balai Dikmen Kabupaten Sleman untuk mewakili Kabupaten Sleman mengikuti lomba tersebut.  Lomba perpustakaan tersebut diikuti oleh 10 perpustakaan sekolah di wilayah DIY. Serangkaian tahapan awal kegiatan  dengan pengumpulan penilaian administrasi dan presentasi profil dan kegiatan perpustakaan sekolah  yang dilaksanakan pada 3 Juni 2020 oleh tim juri. Dalam kegiatan presentasi diwakili oleh Sunarsih,S.Pd. selaku Kepala Perpustakaan Ganesa didampingi Arjun Naim,A.Md. sebagai Pustakawan.

Dari hasil penilaian  administrasi  dan presentasi dari 10 sekolah diambil 5  perpustakaan sekolah  untuk divisitasi termasuk Perpustakaan Ganesa SMA N 1 Cangkringan. Tahapan selanjutnya adalah penilian visitasi yang telah dilaksanakan pada Rabu, 10 juni 2020.Kegiatan visitasi tersebut dilakukan oleh tim juri dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY  berjumlah 3 orang yaitu Bapak Zainal Fanani, Bapak Sukarjono, Ibu Agustin untuk menilai pelaksanaan 9 komponen yang ada dalam syarat lomba, lebih-lebih bentuk fisik dan kelengkapan sarana prasarana perpustakaan ganesa.Semua tahapan tersebut dilaksanakan dengan tetap menaati protokol kesehatan covid-19( jaga jarak, pakai masker, cuci tangan).Dari hasil visitasi tersebut, Jumat, 12 Juni 2020  jam 10.00 telah diumumkan kejuaraannya dan Perpustakaan Ganesa SMA N 1 Cangkringan meraih predikat juara Harapan 1 dengan mendapat uang pembinaan dan piagam kejuaraan.

Sunarsih,S.Pd. selaku kepala perpustakaan bersyukur, bangga, dan akan  meningkatkan pelayanan di perpustakaan baik warga sekolah maupun luar sekolah.”Bersyukur, terima kasih, dan bangga walaupun perpustakaan ganesa terletak di lereng Gunung Merapi jauh dari pusat kota namun mampu bersaing dengan perpustakaan sekolah yang berada di daerah perkotaan, serta ke depan berharap setelah menyandang predikat juara harapan 1 , perpustakaan ganesa akan lebih meningatkan pelayanan, memotovasi minat baca seluruh warga sekolah dan akan menambah sarpras pendukung serta memperbanyak menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah maupun swasta yang berkaitan dengan perpustakaan.”ujarnya.Senada dengan kepala perpustakaan, Dra Anies Rachmania SS.,M.Pd. selaku kepala sekolah juga mengapresiasi perpustakaan ganesa yang mendapat predikat juara harapan 1 se-DIY dengan bersyukur, tetap semangat mengembangkan kreatifitas perpustakaan,serta ke depannya akan menambah koleksi buku. “  Sangat bersyukur sekolah di lereng Gunung Merapi bisa masuk 5 besar lomba perpustakaan sekolah se-DIY, dan tetap akan bersemangat untuk mengembangkan perpustakaan sebagai tempat peserta didik mencari inspirasi , mengembangkan kreatifitasnya, serta pusat pembelajaran warga sekolah maupun masyarakat sekitar, ke depannya berjanji akan menambah koleksi buku dengan berbagai usaha agar dapat mencapai 12 ribu judul buku dalam 2 tahun ke depan.”ungkanya dengan nada semangat..

Terakhir,tambahan Anies selaku kepala sekolah sangat mengapresiasi  kerja keras seluruh warga sekolah baik Guru, Tenaga Administrasi Sekolah, maupun Peserta Didik untuk memajukan perpustakaan ganesa ini. Semoga dengan perpustakaan ganesa yang modern, minimalis,serta melinial ini dapat membawa peserta didik lebih termotivasi, senang dalam literasi membacanya dan dapat  menunjang untuk meraih prestasi yang luar biasa serta masa depan yang gemilang. Humas

WhatsApp Tanya Info Sekolah