Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten (KSN-K) 2021 jenjang SMA/MA telah diselenggarakan pada tanggal 2-4 Juni 2021 secara daring oleh Pusat Prestasi Nasional. SMA Negeri 1 Cangkringan telah mengirim 22 peserta KSN-K untuk berpartisipasi dalam ajang perlombaan akademik tersebut. Ada Sembilan bidang mata pelajaran yang telah diikuti oleh SMA Negeri 1 Cangkringan dengan masing-masing bidang diwakili dua atau tiga peserta.

Dalam beberapa minggu setelah pelaksanaan KSN-K, akhirnya Pusat Prestasi Nasional merilis hasil seleksi peserta yang lolos ketahap Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi (KSN-P) jenjang SMA/MA. Dari sekian nama yang lolos, SMA Negeri 1 Cangkringan mampu menyumbangkan peserta didik untuk melanjutkan Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi (KSN-P),  atas nama Dyah Ratri Sekar Kinasih Kelas X MIPA 1 bidang lomba Astronomi masuk 3 besar se-Kabupaten Sleman- 10 besar se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selama mengikuti pembimbingan KSN-K, Dyah menyampaikan adanya kekhawatiran saat mengikuti ajang perlombaan akademik ini. Kekhawatiran ini bermula karena dia merasa belum pernah masuk pembelajaran tatap muka di sekolah selama pandemi covid-19 ini. Sekalinya masuk tatap muka yaitu pembimbingan  KSN-K.  Dia diberi materi yang lumayan berat baginya dan materi hitungan tentunya. Namun, dengan begitu menyebabkan dia harus bangkit dari terlenanya pembelajaran daring yang santai.

“Kesan selama pelatihan itu deg-degan rasanya. Kayak ada sedikit rasa khawatir jika tidak bias mengikuti materi. Tapi, setelah mendengar lolos, pertama kaget, gak bias bayangkan, tiba-tiba mendapat kabarnya. Tapi Alhamdulillah saya ada rasa bangga pada diri saya sendiri. Harapannya ke depan, saya harus lebih focus dalam belajar berhitung agar lebih teliti”, ucapnya.

Yunan Helmi Subroto,M.Pd. selaku Ketua Tim KSN-K 2021 SMA Negeri 1 Cangkringan sekaligus Waka Kurikulum mengucapkan selamat kepada Dyah Ratri agar lebih giat belajar dan memperbanyak literasi.  “ Selamat kepada Dyah Ratri agar lebih giat dalam belajar, memperbanyak berlatih menyelesaikan berbagai macan jenis soal baik dari media cetak maupun media elektronik terutama di media internet” ungkap Yunan.  “ Jangan lupa diharapkan memperbanyak literasi baik untuk materi Biologi secara khusus maupun materi penegetahuan lainnya”,tambahnya

Sesuai jadwal resmi dari Pusat Prestasi Nasional, Kompetisi Sain Nasional Tingkat Provinsi (KSN-P) 2021 jenjang SMA/MA akan digelar Agustus 2021. Bagi peserta yang belum lolos tahun ini, semoga ada kesempatan di tahun depan. Tetap semangat dalam berjuang dan jangan pernah berhenti untuk belajar.

Humas 2021

WhatsApp Tanya Info Sekolah