SMA Negeri 1 Cangkringan bekerja sama dengan RS Dinas Kesehatan Tentara ( DKT ) Yogyakarta menyelenggarakan percepatan vaksin covid-19 dosis ke-1 , Jumat 10 September 2021 jam 08.00 Wib-11.30 Wib  bertempat di Aula SMA Negeri 1 Cangkringan. Kegiatan Vaksin diawali  berdoa dan penyampaian informasi oleh Rahmad Budiyono,S.Pd. selaku ketua kegiatan vaksin  di dampingi Drs.M  Warsun Latif selaku kepala sekolah tentang data peserta vaksin sejumlah 230 orang, yang diikuti oleh sebagian peserta didik SMA Negeri 1 Cangkringan dan SMA Sunan Kalijaga serta sebagian  orang tua/ wali.”Jumlah sebenarnya untuk peserta didik SMA N 1 Cangkringan untuk tahun pelajaran 2021/ 2022 adalah 404 siswa , dan ternyata sebagian dari peserta didik sudah mendapatkan vaksinasi di daerah/ lingkungan tempat tinggalnya” tambahnya.

 Dilanjutkan dengan pengarahan dari Lettu Ckm Adi Susanto,A.Md.RO selaku koordinator umum tim vaksin dari RS DKT Yogyakarta tentang teknis pelaksanaan vaksin dari meja 1: pengukuran tensi, meja 2 :input data, meja 3: skrining dokter, meja 4: penulisan kartu, meja 5: vaksinator/ suntik vaksin, sampai meja 6: observasi.Disampaikan pula oleh Lettu Adi bahwa kegiatan ini merupakan Serbuan Vaksinasi Covid-19 secara serentak dan mendukung program vaksinasi satu juta per hari di wilayah Korem 072/Pmk. Tepat pukul 08.00 Wib kegiatan vaksin dimulai.  Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efeketif untuk mengatasi pandemi covid-19 yang masih terus berlangsung serta sesuai edaran dari Balai Dikmen Sleman untuk mempercepat vaksin peserta didik tingkat SMA/SMK di wilayah Kabupaten Sleman .

 Tujuan lain kegiatan tersebut untuk membuat sistem kekebalan tubuh peserta didik maupun orang tua /wali mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut. Terlebih wacana dari Pemerintah DIY maupun Dikpora DIY karena PPKM untuk DIY sudah turun level 3 pembelajaran tatap muka akan segera dilaksanakan. Untuk kepastian menunggu surat edaran dari Pemda DIY dan Dikpora. Untuk pembelajaran tatap muka seluruh peserta didik dan guru harus sudah divaksin minimal dosis 1. Adapun manfaat kegiatan tersebut menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19, mendorong terbentuknya kekebalan kelompok( herd immunity), serta meminimalkan dampak ekonomi dan sosial..

 Petugas yang menangani kegiatan tersebut 9 personil dari pihak RS DKT Yogyakarta dibantu 12 tenaga Guru-Tas. Untuk kelanjutan vaksin 2 akan dilaksanakan Jumat, 8 Oktober 2021 waktu dan tempat sama masih bekerja sama dengan RS DKT Yogyakarta. Secara umum kegiatan vaksinasi covid-19 dosis ke-1  bagi peserta didik dan orang tua/wali  berjalan lancar. Kegiatan vaksin dosis ke-1  tetap mematuhi prokes covid-19 (pakai masker, antrian jaga jarak, menggunakan hand sanitizer, tidak berkerumun).Diucapkan terima kasih kepada pihak  petugas RS DKT Yogyakarta n dan Bapak/Ibu Guru-Tas tim vaksin sekolah atas kepedulian dan kerja samanya. Semoga kita selalu diberi kesehatan dari Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin. KELUARGA BESAR SMA NEGERI 1 CANGKRINGAN TAAT GERAKAN 5 M: MEMAKAI MASKER, MENCUCI TANGAN, MENJAGA JARAK, MENJAUHI KERUMUNAN, MENGURANGI MOBILITAS.( Humas 2021)

WhatsApp Tanya Info Sekolah