Tahun 2022 ini SMA Negeri 1 Cangkringan mengikuti seleksi Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri ( CSAM ). Dokumen/ administrasi  16 folder dan profil sekolah adiwiyata  sudah dikirim sejak bulan Juni 2022 ke DLHK DIY diteruskan ke Kementerian Lingkungan Hidup Pusat di Jakarta.

Sejak tanggal 4 Agustus 2022 Pusat PGLHK telah melaksanakan pembekalan tata cara seleksi administrasi CSAM dan CSAN secara hybrid.Selanjutnya Tim Penilai Adiwiyata Pusat akan melakukan seleksi administrasi CSAM dan CAN yang telah diterima, divalidasi, dan diinput ke dalam sistem informasi Adiwiyata ( SIDIA ) oleh Pusat PGLHK.

Berikut timline proses penilaian CSAM dan CSAN 2022: bulan Agustus kegiatan seleksi administrai, bulan September-awal Oktober  kegiatan penilaian dokumen, bulan Oktober Verifikasi Lapangan, terakhir bulan November 2022 adalah kegiatan pemberiaan penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Sekolah Adiwiyata Nasional.

Berdasarkan timline tersebut SMA Negeri 1 Cangkringan dalam penilaian administrasi serta dokumen dinyatakan lolos tinggal diadakan verifikasi lapangan/ uji petik. Kamis, 10 November 2022 jam 14.00 – 17.00 wib di SMA Negeri 1 Cangkringan dilaksanakan Uji Petik Verifikasi Lapangan dari Tim Penilai Adiwiyata Pusat. Dalam kegiatan tersebut ada 2 tim penilai dari pusat yakni Ibu Elies dan Ibu Evie.

Kegiatan tersebut selain dihadiri 2 orang dari Tim Penilai Adiwiyata Pusat, juga dihadiri dari DLHK DIY, DLHK Kabupaten Sleman, Perwakilan dari 2 sekolah imbas yakni dar SMK Negeri 1 Cangkringan dan SMA Negeri 2 Sleman, dihadiri juga unsur ketua komite sekolah, tim inti adiwiyata SMANCA, serta perwakilan kader adiwiyata.

 Acara diawali dengan pembukaan dilanjutkan dengan sambutan dari kepala SMA Negeri 1 Cangkringan Drs. M Warsun Latif yang intinya ucapan selam datang dan ucapan terima kasih atas kedatangan tim penilai dari pusat, semoga dengan adanya verlap ini nanti kita semua warga sekolah tahu kekurangan atau kelebihannya dalam GPBLS dalam pelaksanaan 6 aspek PRLH di SMA Negeri 1 Cangkringan.

Diakhir sambutan mengajak seluruh warga sekolah  selalu berusaha dan berdoa  semoga yang kita impikan  menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri 2022 akan tercapai. Ibu Evie selaku perwakilan dari tim penilai mengatakan bahwa kesan pertama masuk ke SMA Negeri 1 Cangkringan sudah mengesankan tergoda dengan keasrian dan kebersihan lingkungan sekolah.

Tambahan informasi kedatangan Tim Penilai dari pusat hanya sekadar mencocokan dokumen yang sudah dikirim pusat dengan kenyataan di lapangan lingkungan SMA Negeri 1 Cangkringan. Dalam artia yang diverifikasi hanyalah komponen 2 GPBLHS yakni pelaksanaannya dan pembiasaan peserta didik dalam membentuk karakter kepedulian lingkungan.

Kegiatan selanjutnya adalah verifikasi lapangan- melihat secara langsung lingkungan yang ada di SMA Negeri 1 Cangkringan dalam hal sarpras adiwiyata dan keterlibatan warga sekolah dalam hal adiwiyata. Setelah selesai verifikasi lapangan bertempat di Ruang Perpustakaan Ganesa  diadakan evaluasi serta kesan-pesan yang disampaikan oleh Tim Penilai.

Intinya adalah secara keseluruhan dokumen dengan kenyataan/ pembiasaan  yang ada di lingkungan sekolah pasti ada kekurangan dan kelebihannya , di SMA Negeri 1 Cangkringan walaupun ada kekurangan hanya sedikit misal masih ada kran /pralon bocor, belum ada pembibitan tanaman, serta untuk jumlah kader adiwiyata perlu ditambah, jadi banyak kelebihannya.

Semoga dengan adanya verlap ini ke depan pelaksanaan GBPLHS dengan 6 aspek PRLH lebih baik dalam pembiasaan terhadap kepeduliaan lingkungan hidup baik di sekolah atau masyarakat. Semoga penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri untuk SMA Negeri 1 Cangkringan tahun 2022 dapat diraiah. Maju bersama, hebat semua !!!!! Salam Adiwiyata. Humas 2022

WhatsApp chat