Sudah dua tahun berhari raya idul fitri – 2020 dan 2021 – tidak bisa dirayakan dengan kegiatan syawalan- halalbihalal dikarenakan adanya masa pandemi covid-19. Alhamdulillah pada tahun 2022 ini walaupun masih dalam kondisi pandemi covid-19 dan dinyatakan landai dan pemerintah sudah memberi sinyal-memperbolehkan kegiatan mudik, keluarga besar SMA Negeri 1 Cangkringan dapat melaksanakan kegiatan Syawalan-Halalbihalal 1443 H.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 7 Mei 2022 jam 09.00 – 11.30 bertempat di Aula SMANCA. Dikarenakan kegiatan ini dilaksanakan masih dalam kondisi pandemi covid-19 walaupun dinyatakan landai, kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan semua peserta yang hadir wajib memakai masker, cuci tangan, serta berusaha jaga jarak. Dalam kegiatan syawalan-halalbihalal tahun ini karena sudah dua tahun tidak dselenggarakan maka kegiatan tahun ini mengusung tema” Rayakan kemenangan di hari yang fitri, dekatkan hati jalin kembali silaturahmi”.

Hadir dalam kegiatan tersebut Guru-TAS beserta keluarga, pengurus komite,serta tamu undangan sejumlah 150 peserta. Acara dimulai jam 09.00 dengan hiburan yang dipandu Yunan Helmi Subroto,M.Pd. dengan Nur Sahid,S.Pd. sebagai kegiatan pra-acara. Mulai jam 09.30 acara inti syawalan-halalbihalal dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh Heni Wulansari,S.Pd. selaku pembawa acara, Dilanjutkan dengan Gema Wahyu illahi oleh Ananda Maulana Majid Ramadan putra dari Yunan Helmi Subroto,M.Pd., kemudian dilanjutkan sambutan dari Drs.M Warsun Latif selaku kepala sekolah yang mengatakan sangat bersyukur dapat mengadakan syawalan tahun ini karena 2 tahun sebelumnya tidak bisamelaksanakan karena adanya pandemi covid-19 serta ucapan terima kasih kepada guru-tas, pengurus komite, sertatamu undangan yang telah menghadiri acara syawalan tahun 1443 H/ 2022 M kali ini.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempererat persaudaraan dan kekeluargaan dalam bersilaturahmi”, ungkap Warsun Latif. Isi sambutan lain adalah tentang program sekolah terdekat-jangka panjang adalah tahun 2022 jangka pedek akan maju sebagai sekolah adiwiyata mandiri dan jangka panjang membangun masjid sekolah. “ Ada dua agenda besar sekolah untuk tahun 2022 , yakni meraih predikat sebagai adiwiyata mandiri dan pembangunan masjid sekolah, mohon doa restu dan dukungannya”jelas M Warsun Latih. Ada dua agenda besar sekolah untuk tahun 2022 , yakni meraih predikat sebagai adiwiyata mandiri dan pembangunan masjid sekolah, mohon doa restu dan dukungannya”jelas M Warsun Latih.

Dalam kegiatan tersebut dibacakan ikrar syawalan yang dipimpin-dipandu oleh Rahmad Budiyono,S.Pd. Sebelum kegiatan hikmah syawalan acara istirahat-hiburan. Acara tausiyah hikmah syawalan disampaikan oleh H Supriyanto,S.Ag. Dalam tausiyahnya menerangankan tentang dosa-dosa umat manusia yang dapat diampuni oleh Allat SWT serta mengingatkan untuk bulan syawal ada puasa sunat syawal selama 6 hari . “Salah dan khilat menjadi hal yang lumrah dilakukan setiap orang. Tak satupun orang yang bersih dari dosa” tegas Supriyanto.

Amalan yang dapat menggugurkan dosa antar lain: bertaubat, berbuat amal kebaikan, sabar saat mendapat musibah, memperbanyak bersedekah, menjaga wudhu,salat, puasa, menjaga tauhid,membaca istighfar,menjabat tangan, shalat jumat, berdzikir”sebutnya. Inti dari tausiyah adalah meski punya dosanya sebanyak buih di laut pun asal manusia selalu memohon ampun Allah SWT maka akan diampuni dengan banyak melakukan amal kebaikan. Setelah hikmah syawalan sebelum acara ditutup diadakan pemberian kenang-kenangan kepada guru yang purna-pindah tugas ( Dra. C Sri Hartiningsih dan Fitrianingrum Munawaroh,S.Pd. ).

Acara terakhir tepat jam 11.30 ditutup dilanjutkan dengan ramah-tamah dihibur oleh organ tunggal Nur Sahid, S.Pd. dipandu Yunan Helmi Subroto,M.Pd. dengan para penyanyi: Yunan Helmi, Petrylia, Mujiyanta, Warsun Latif, serta Sunartri. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum..Minal Aidin wal faizin…Selamat Hari raya Idul Fitri 1443 H/ 2022 M . Mohon Maaf Lahir dan Batin.Semoga kita semua tetap diberi kesehatan dan semangat dan tetap berdoa semoag kita semua dapat dipertemukan lagi bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tahun depan 1444 H/ 2023 M. Aamiin.

IKRAR SYAWALAN 1443 H/ 2022 M
(Bahasa Jawa)
Kawulo matur/ dumateng poro rawuh sedoyo/ bilih kulo/
Ngaturaken sugeng riyadi idul fitri 1443 H/ lan nyuwun agunging
pangapunten/ dumateng poro rawuh/ awit sedoyo kalepatan kulo/.
Semanten ugi/ mbok bilih poro rawuh sedoyo/ nggadahi kalepatan/
dumateng kulo/ kanthi ikhlasing manah/ kulo caos pangapunten/
dumateng para rawuh sedaya/.
Mugi-mugi Gusti Ingkang Maha Kuwaos/ paring pangapunten/
sedoyo doso kito/ lan nampi/ sedaya kesaenan kito/ aamiin/.
(Bahasa Indonesia)
Kami keluarga besar SMA N 1 Cangkringan/ yang hadir pada acara ini/ menyadari dan mengakui/ dengan tulus ikhlas/ bahwa kami/ telah berbuat khilaf dan salah/ baik yang disengaja maupun tidak disengaja/ baik secara pribadi maupun kedinasan/ oleh karena itu/ maka kami saling meminta dan memberi maaf/ dengan iringan doa/ semoga Tuhan Yang Maha Esa/ mengampuni dosa-dosa kita/ dan menerima amal sholeh kita/ aamiin.

Humas Smanca 2022

WhatsApp chat